07 October 2011

Cara Mendisiplinkan Anak Lewat Humor



Beberapa tips dibawah ini bisa anda coba sehingga waktu berpakaian menjadi menyenangkan :

  1. Ciptakan permainan lalu katakan padanya “Yuk kita main pakai baju”. Mulai dengan memakaikan baju bonekanya dan hewan kainnya. Lakukan tanpa paksaan dan tidak terburu-buru jadi siapkan waktu yang luang untuk permainan ini.
  2. Minta anak untuk memilihkan baju yang akan anda pakai lalu biarkan ia mendadani anda. Kemudian katakan kalau sebaliknya juga terjadi agar adil.
  3. Sedikit bermain kejar-kejaran sambil mencoba memakaikan baju untuknya pasti akan menyenangkan ia dikejar-kejar anda.
  4. Berpuralah anda tersandung lalu terjatuh, maka ia akan tertawa senang. Percayalah ! semua tawa dan kelucuan yang terjadi menurunkan tensi darah anda dan membuat pikiran anda positif dan kreatif.

Mendisiplinkan anak yang lebih tua lewat permainan
Pada anak yang berusia lebih tua, sekitar 5-6 tahun, bermain merupakan cara yang paling tepat belajar mengetahui perasaan dan pendapat mereka tentang apa saja.
Sambil bermain kita bisa mengajarkan hal berkaitan tanggung jawab dan etika dengan menggunakan boneka binatang atau boneka tangan. Satu boneka memperagakan etika yang baik dan satu boneka yang lain memperagakan etika yang kurang baik, tapi keduanya sama-sama menggunakan bahasa yang lucu, konyol, dan menyenangkan. Intinya, selalu eratkan hubungan komunikasi dan ikatan batin anda-anak maka penanaman nilai-nilai kebaikan dapat mudah mereka serap.

0 Responses to “Cara Mendisiplinkan Anak Lewat Humor”

Post a Comment

Silah meninggalkan komentar di bawah ini!