12 October 2011

Share - Mengurus Perpanjangan STNK Motor Kreditan di Samsat Kenjeran Surabaya

Bulan September 2011 kemarin, tepatnya tanggal 28 September, sepeda motor adikku yang masih kreditan berulang tahun. Biasa lah, setiap tahun kita kudu melakukan perpanjangan STNK alias bayar pajak. Dikarenakan adik ada halangan, maka aku yang mengurus perpanjangan tersebut. Berikut pengalamanku mengurus perpanjangan STNK sepeda motor tersebut, mungkin bisa memberikan informasi bagi yang akan melakukan hal yang sama.


Pertama yang aku siapkan dari rumah adalah KTP asli orang yang tercantum di STNK yaitu adikku. Kemudian aku pergi ke kantor pembiayaan sepeda motor untuk mendapatkan Legalisir BPKB, karena memang sepeda motornya belum lunas :). Antri agak lama di sini sekitar 1 jam. 

Setelah KTP dan legalisir BPKB sudah ditangan, langsung aku ngacir ke Samsat Kenjeran, Surabaya, kebetulan dekat rumah. Sesampainya di kantor samsat aku langsung parkir sepeda motorku di tempat parkir. Di tempat parkir ini banyak juga calo-calo yang menawarkan jasa pengurusan dengan imbalan 50 ribu, ada juga yang menawarkan map, plastik dan lain-lain. Aku tidak pedulikan mereka, langsung saja aku ngluyur ke tempat informasi yang ada di teras kantor ini. Langsung saja aku ngomong mau perpanjang STNK, si mbak-mbak yang jaga langsung memberi instruksi untuk ke tempat pengambilan formulir yang terletak di utara tempat mbak-mbak tadi. Di tempat pengambilan formulir, langsung aku serahkan KTP dan legalisir BPKB. Beberapa saat kemudian pak petugas memberi formulir sekaligus mapnya :) jadi nggak usah beli. 

Kembali aku ke tempat informasi untuk menanyakan step berikutnya. Si mbak-mbak menyuruh untuk menulis nomor plat sepeda di map dan di formulir lalu mengintruksikan untuk ke loket pendaftaran yang berada di dalam gedung. Di loket ini hanya sebenatr juga karena nggak ada antrian, nggak tahu persis diapakan berkasku, si petugas lalu memberi instruksi ke Kasir 1. Di kasir inipun aku langsung ditangani. Si ibu kasir langsung menyebut angka nominal yang harus dibayar sambil memberikan STNK yang baru. Selesai. 

Keseluruhan proses hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Jadi rugi kalau Anda harus pakai calo untuk mengurus perpanjangan STNK. Sebenarnya bagi yang sudah punya BPKB, maka pengurusan lebih mudah lagi, karena di kota Surabaya sudah ada Samsat Corner yang ditempatkan di tempat-tempat tetentu. Jadi prosesnya lebih cepat. Begitulah pengalamanku mengurus perpanjangan SNTK sepeda motor kreditan yang belum lunas di Surabaya. 

3 Responses to “Share - Mengurus Perpanjangan STNK Motor Kreditan di Samsat Kenjeran Surabaya”

Anonymous said...
March 10, 2012 at 10:44 AM

siip nes inpoh.....gan


sweetfen78 said...
September 5, 2012 at 2:50 PM

klo ada denda pajaknya gmn gan?susah ga ngurusnya?thanks


Nedzork said...
March 13, 2015 at 2:43 PM

Artikel Terkait:
hosting surabaya

Baca juga:
Guyonan Koplak
Lowongan Kerja Indonesia SMA


Post a Comment

Silah meninggalkan komentar di bawah ini!