06 October 2011

Tips Mengatasi Gigi Cekot-cekot

Buat yang pernah sakit gigi pasti sudah tahu rasanya gimana cekot-cekot sepertinya cuman patah hati doang yang bisa ngalahin… Bila anda membaca blog ini kebanyakan lebih banyak pencegahan … InsyaAllah dengan perawatan teratur dan mengunjungi dokter gigi anda tiap 6 bulan sekali…anda bebas cekot-cekot..
Kalau anda sudah merawat dan ternyata lewat juga, anda atau anak anda terpaksa mengalaminya misalnya tambalan anda lepas atau ada makanan yang stuck di dalam lubang yang lepas tersebut, bagaimana pertolongan pertama yang bisa anda berikan di tengah malam buta…
Sakit gigi cenut-cenut ini datangnya tiba-tiba bisa di sebabkan karena makanan yang nyelonong kedalam lubang gigi anda dan menekan syaraf, bisa juga di sebabkan tambalan yang lepas. Yang sering terjadi adalah pulpitis yaitu radang atau infeksi pada kamar pulpa, periodontitis (radang pada jaringan periodontal pendukung gigi) dan abses gigi (infeksi pada akar gigi yang menyebar ke jaringan lunak dan membentuk pus/ nanah)
Pada keadaan pulpitis gejalanya biasanya sakitnya seiring dengan denyut nadi, gigi sensitive dan bertambah sakit ketika minum air dingin, bertambah
Yang harus anda lakukan bila nyut-nyutan terjadi adalah :
"Telpon dokter gigi anda untuk membuat apointment atau perjanjian"
  1. Berikan obat penahan sakit yang biasanya dikonsumsi bisa dari golongan acetaminophen, seperti paracetamol, sanmol, tempra dsb, bisa juga golongan asam mefenamat seperti ponstan, mefentan dsb…
  2. Bila ada minyak cengkih bisa di masukan kedalam lubang yang telah di bersihkan dari sisa makanan dengan menggunakan kapas kecil, minyak cengkih berfungi meredakan radang yang terjadi di kamar pulpa dan sebagai anestesi lokal.
  3. Bila membersihkan makanan yg nyelonong atau stuck di dalam lubang atau sela-sela gigi sulit bisa menggunakan spuit yang di isi air garam dan di semprotkan di lubang tersebut atau bisa juga menggunakan dental floss, jangan gunakan peniti atau benda-benda tajam lainnya.
  4. Berkumur dengan air garam hangat membantu karena air garam bersifat isotonis sehingga dapat menarik cairan jaringan yang menekan syaraf. (1sendok teh garam untuk satu gelas)
  5. Kompres es di sekitar area wajah sisi yang sakit juga bisa sedikit membantu menghilangkan rasa sakit
  6. Bila anda ingin berpergian dengan pesawat terbang sebaiknya gigi yang bolong ini di bereskan dulu, karena perubahan tekanan udara dapat menyebakan sakit sekali
Pada keaaan yang lebih kompleks bila infeksi tersebut sudah menyebabkan abses atau pembengkakan di mukosa mulut dan wajah, maka perawatan diatas tersebut tidak cukup adekuat. Diperlukan perawatan menggunakan antibiotik untuk membantu tubuh mengalahkan bakteri yang telah menyebar, anda sebaiknya menghubungi rumah sakit terdekat karena abses bisa menyebar menjadi celulitis dan sepsis (tersebarnya bakteri dan racunnya keseluruh tubuh) yang bisa menyebakan kematian.

0 Responses to “Tips Mengatasi Gigi Cekot-cekot”

Post a Comment

Silah meninggalkan komentar di bawah ini!